02 August 2012

APAKAH SAYA JUVENTINI ?

Sebelum mengenal Juventus, saya lebih dulu sedikit tau tentang salah satu pemainnya (legend, icon, bandiera, maskot) yaitu Alessandro Del Piero ketika bermain di Piala Dunia 1998 di Perancis dan sedang membela Timnas Italia. Sebenarnya permainannya nggak terlalu istimewa banget (lumayan sih menurut saya saat itu) tapi nggak tau kenapa namanya cukup familiar di telinga. Nah, setelah itu kalo kebetulan liat siaran bola di tivi, saya selalu cari-cari pemain bola yang namanya Del Piero. Suatu ketika saya ikutan nonton Liga Italia Serie A sama bapak pas hari Minggu jam 9 malem, saat itu yang nyiarin masih RCTI. Akhirnya bisa nonton pemain bola yang namanya Del Piero lagi, ya itu pas match Juventus lawan........ (lupa). Waktu itu gregetnya masih biasa aja sih, nggak terlalu njagoin Juve maupun Del Piero.

Nah pada akhirnya saya suka sama Juventus beberapa waktu setelahnya. Nggak tau kenapa, padahal saat itu (musim 1998/1999) Juve lagi jelek lho (dan saya juga nggak punya bayangan prestasinya Juve ke depannya bakal kaya’ apa), Del Piero cidera parah setengah musim lebih, gosip Marcello Lippi pindah ke int*r, Zinedine Zidane yg setress dan Juve cuma di peringkat 7 di akhir musim. Tapi justru waktu itu saya malah mulai suka sama Juve, kenapa nggak milan/lazio/fiorentina bahkan parma yang saat itu lagi bagus-bagusnya? Kalo suka int*r nggak mungkin, karena jelek juga. Mungkin ini yang dinamakan TAKDIR (dan kalian nggak harus bilang WOW!).

Sejak saat itu saya jadi penggemarnya Juve sampe sekarang, nggak peduli prestasinya Juve kayak apa. Mungkin masa-masa kelam tuh pas Juve telibat skandal Calciopoli dan kena hukuman degradasi ke Serie B (musim 2006/2007), bagi saya yang cuma suporter lewat tivi jelas ada kekecewaan ditambah lagi pas weekend gak bisa nonton pertandingan Juve di tivi, tapi sisi positifnya adalah pemain idola saya tetep menunjukkan loyalitasnya gabung sama Juve meski banyak tawaran dari klub-klub besar Eropa. Tapi saya tetep suka sama Juve dan percaya kalo Juve cuma semusim di Serie B dan bakal bangkit lagi, dan tiap Senin rajin ke warnet buat update berita dan skor pertandingannya Juve. Dan itu terbukti musim berikutnya Juve lagsung ada di Serie A lagi sebagai tim promosi sekaligus kandidat scudetto.

Sengaja nggak saya tuliskan prestasi-prestasinya Juve, karena saya jadi penggemar Juve pas Juve lagi jelek, saya nggak tau prestasi Juve di masa lalu kaya’ apa dan juga nggak punya bayangan prestasinya Juve ke depannya bakal kaya’ apa. Ini bukti kalo saya bukan seorang penggemar/fans/suporter “Glory Hunter”, yaitu fans yang cuma dukung tim/klub yang lagi bagus aja, kalo tim/klub yang didukung prestasinya terpuruk akan pindah dukung tim/klub lain yang sedang bagus. Sebenarnya nggak ada masalah sih dengan para glory hunter, sah-sah aja, masalah selera.

Nah selanjutnya sesuai judul di atas, “Apakah Saya Juventini?”. Terus terang saya masih belum paham dengan definisi “Juventini”, setau saya sih Juventini itu ya penggemar/fans/suporternya Juventus. Tapi saya belom pernah nonbar pertandingannya Juve sekalipun (apalagi nonton langsung di stadion :)))) dan cuma liat di tivi sendirian, saya nggak tergabung di JCI (Juventus Club Indonesia) chapter manapun dan juga nggak terlalu tau banyak tentang sejarah Juve tapi tetep suka Juve bagaimanapun prestasinya dan meskipun Del Piero nggak bermain lagi buat Juve. Jadi... Apakah Saya Juventini ...???

No comments:

Post a Comment