25 June 2014

KENAPA AKU NGGAK BOLEH MAIN PETASAN, AYAH?

Menjelang bulan Ramadhan/puasa gini udah banyak penjual kembang api (mungkin juga petasan) yang mulai menjamur membuka lapak jualannya di pinggir jalan. Yah mau gimana lagi? Bulan puasa memang identik dengan main petasan. Bulan puasa tanpa petasan itu ibarat sayur tanpa garam.....halah lebay. Ya walaupun akhir-akhir ini pihak kepolisian semakin gencar memberantas peredaran petasan, tetep aja masih ada petasan yang beredar. Karena bulan puasa dan petasan itu sudah seperti cinta sejati yang mengakar dan tidak bisa dipisahkan (halah mbelek) hahaha.

Ngomong-ngomong tentang main petasan ini, aku jadi teringat sebuah percakapan oleh sebuah keluarga. Waktu itu aku lagi di bengkel tambal ban, nah disebelah bengkel ada rumah keluarga tersebut. Percakapan ini setting-nya di pinggir Jalan Gejayan sore hari sekitar jam 5 pada bulan puasa beberapa tahun yang lalu (tahun berapa tepatnya udah lupa :)). Tokohnya Ayah (30 tahun +), Anak (laki-laki sekitar 5 tahunan), Ibu (+- hampir sama dengan umur ayah). Umur disini cuma perkiraan aja, biar kalian bisa membayangkan hehehe. Saat itu ada beberapa anak kecil di jalan masuk sebuah gang yang sedang main kembang api dan juga petasan rawit (petasan yg kecil itu lhooo). 

Anak : Ayah, mbo' aku dibeliin petasan, kan aku jg pengen main petasan....
Ayah : Buk, anakmu pengen beli petasan ini lho...
Ibu : Nggak boleh ah, kan itu bahaya nak. Brisik ganggu orang, bisa bikin kebakaran, orang yang jual dan main petasan itu nanti bisa ditangkap polisi lho...bla bla bla bla....
Ayah : Tuh dengerin kata Ibukmu...
Anak : *cuma bisa nunduk sedih*
Anak : Dulu Ayah waktu kecil pernah main petasan nggak?
Ayah : Pernah dong, sering banget malahan. Dulu tiap bulan puasa, uang jajan Ayah buat beli petasan, hehehe...
Anak : Lhoh, kok Ayah boleh main petasan? Aku kenapa nggak boleh?
Ayah : Ya karena ibukku bukan polisi hehehe.... Kalo Ibukmu kan polisi, jadi ya nggak boleh...

*Jawaban si Ayah ini nyaris bikin aku ngakak, tapi aku tahan, malu broo...*
*Ternyata si ibuknya ini seorang polwan*

Anak : *masih dengan tatapan sedih*
Ibu : *senyum-senyum*
Anak : Kalo gitu kenapa Ibukku harus polisi? Aku mbo' dicariin ibuk yang bukan polisi dong Yah, aku kan pengen main petasan....
Ayah : Yaudah, nanti kapan-kapan ayah cariin kamu ibuk lagi yang bukan polisi.....

*HAHAHAHAHAHAHAHA*

Ibu : *Si Ibu ekspresinya merengut, beberapa detik kemudian tersenyum sambil nyubit pinggangnya si Ayah*
wah, malah jadi romantis ini
Ibu : Yaudah, Ibu beliin kembang api aja, yang kecil tapi..... Kalo petasan tetep nggak boleh.
Anak : *ekspresinya seneng banget*

*TAMAT*


*aku cuma bisa geleng-geleng kepala, sambil nahan ketawa*

2 comments:

  1. lucu juga ya ceritanya, sampe anaknya minta ibu baru..

    ReplyDelete
  2. iya mas, saya yg denger langsung aja pengen ketawa ngakak :)))

    ReplyDelete