04 February 2014

MENGUNDUH DAN MENGUNGGAH

Aku kok agak kurang sreg ya dengan terjemahan Bahasa Indonesia pada kata download. Terus terang, di kamus Inggris-Indonesia yg penulisnya John M. Echols dan Hassan Shadily terbitan PT Gramedia Jakarta aku kok nggak menemukan arti kata download. Tapi berdasarkan banyak media, baik elektronik maupun cetak, kata download ini kalo diterjemahkan ke Bahasa Indonesia artinya menjadi mengunduh. Sedangkan upload diartikan menjadi mengunggah. 


Mengunggah ini aku juga nggak tau arti sebenarnya, jadinya malah tambah bingung. Mungkin mengunggah ini berasal dari Bahasa Jawa "munggah" yang artinya naik, karena simbol upload biasanya dilambangkan dengan tanda panah ke arah atas dan download dengan tanda panah ke bawah. Lalu bagaimana dengan mengunduh? Kalo dalam Bahasa Jawa mengunduh / ngundhuh ini bisa diartikan dalam beberapa versi :
1. memetik (buah). Contoh ngundhuh jambu.
2. menyambut. Contoh ngundhuh mantu = menyambut menantu.
3. menuai/mendapatkan. Contoh pepatah Jawa "Sopo nandur bakal ngundhuh" artinya "Barang siapa yang menanam maka akan menuai/memanen" singkatnya, arti pepatah ini berhubungan erat dengan hukum karma, siapa yang berbuat akan mendapatkan balasannya baik/buruk.

Nah kan tambah bingung....wes nggak usah dipikir sampe kriting, yang penting kita paham dengan maksud download maupun upload ini. Aku juga yakin, nggak cuma aku saja yang bingung dengan terjemahan ini. Bukankah tidak semua kata dari bahasa asing itu harus diterjemahkan? Kenapa tidak ditulis apa adanya saja? Bukankan kita lebih terbiasa dengan istilah asing tersebut? Menggunakan istilah asing bukan berarti tidak menghargai bahasa bangsa kita sendiri, yang penting tidak berlebihan dan sesuai dengan konteks kalimatnya. Tapi jangan sampai seperti kasus di infotainment yang sempat heboh tahun lalu " 29 my age, statusisasi ekonomi, kontroversi hati, dll" , kalian pasti tau lah hehehe.

Oh ya, di masa depan kita mungkin nggak perlu repot-repot kalo mau mengunduh jambu ataupun mantu (khusus orang Jawa), tinggal cari link terus bisa di unduh, hahahaha.

Link mengunduh jambu http://bit.ly/menek atau http://bit.ly/nyenggek
Link mengunduh mantu http://bit.ly/nyumbang atau http://bit.ly/jagongmanten

*oke, aku kudu piknik*

No comments:

Post a Comment