12 October 2013

NGGAK SUKA BIKA AMBON

Mungkin banyak orang yang sangat suka makan Bika Ambon. Bika Ambon ini konon katanya adalah salah satu makanan khas dari daerah Medan Sumatra Utara. Lhoh, namanya aja Bika Ambon tapi kok bukan berasal dari Ambon malah dari Medan? Entahlah, aku juga nggak tau. Mungkin kalian nanti bisa googling hahahaha.

Tapi sekarang seiring perkembangan jaman, Bika Ambon ini nggak hanya ada di Medan saja, tapi sudah banyak tersebar di kota-kota lainnya di Indonesia, salah satunya Yogyakarta. Ibuku kadang-kadang juga beli Bika Ambon ini, dan seluruh keluargaku suka dengan makanan ini, kecuali aku. Iya, AKU NGGAK SUKA BIKA AMBON !!! Dulu pernah makan sekali / dua kali tapi itu duluuuuu banget bertahun-tahun yang lalu. Tapi sekarang jadi nggak suka, nggak tau kenapa?

Apa yang kalian bayangkan ketika melihat/memakan Bika Ambon? Kalo aku kok malah jadi membayangkan buah nanas. Iya, nanas yang asem, manis, dingin, seger lah pokoknya, mungkin karena teksturnya Bika Ambon ini ada serat-seratnya mirip buah nanas (menurutku). Karena faktor inilah ketika makan Bika Ambon (duluuuuuu bangetz lho ya...) aku membayangkan makan nanas, dan jelas aja rasanya beda banget jadi enggan kalo mau makan Bika Ambon lagi. Ini bukan berarti aku anti Bika Ambon atau pilih-pilih makanan atau nggak bersyukur atas makanan yang ada, tapi kalo ada makanan lain aku akan pilih makanan yang lain (lhahhh tetep aja pilih-pilih hehehe). Aku akan makan Bika Ambon jika dan hanya jika sudah amat sangat kelaparan sekali dan nggak ada makanan yang lainnya.

Alasan yang nggak masuk akal ya? Biarin aja, aku nggak perlu alasan yang logis dan masuk akal untuk nggak suka terhadap sesuatu.

"Saya orang JAWA dan nggak suka Bika AMBON"
*ini termasuk rasisme nggak ya?*



gambar dari google, edited by me

No comments:

Post a Comment