17 October 2013

TIPS BUAT YANG PENGEN SUKA DENGAN MUSIK CLASSIC ROCK

Alaaaahhh judule ribet, tapi rapopo.

Kali ini aku akan berbagi tips atau kiat-kiat sukses bagi yang pengen bisa menikmati musik jadul semacam classic rock. Karena classic rock ini menurutku salah satu jenis/segmen musik yang istimewa, selain karena musik/lagu yang oke tapi juga banyaknya musisi/band yang skillful yang merupakan panutan/trendsetter para musisi jaman sekarang. Ini versi-ku jadi nggak bakal ada di tempat lain, cekidot :




1. Mulai dengarkan lagu-lagu slow rock.
Misalkan Wild World-nya Mr. Big, November Rain-G N' R, Nothing Else Matters-MetallicA, Till Death Do Us Apart-White Lion, Always-Bon Jovi, Spirit Carries On-Dream Theater, She's Gone-Steelhart (ini kayaknya jadi lagu wajib slow rock deh hehehe), dll.

2. Sering mendengarkan siaran radio yang memutar lagu-lagu classic rock.
Karena selain bisa menikmati lagu classic rock, kamu juga bisa dapat informasi sejarah tentang musik classic rock. Karena di sela-sela pemutaran lagu, biasanya penyiar akan membahas/bercerita atau sekedar berbagi informasi tentang sejarah band-band classic rock. Kalo di wilayah Jogja biasanya hari Minggu sekitar jam 11 malam ada siaran lagu-lagu classic rock, ah tapi lupa nama radionya/berapa gelombangnya :)

3. Mulai dengan lagu-lagu yang hits.
Kalau udah mulai suka dengan yang slow rock, biasanya selera juga akan meningkat dengan tempo musik yang lebih cepat/nge-rock/metal. Misal G N' R-Paradise City, Metallica-Master Of Puppets, Bon Jovi-You Give Love A Bad Name, Ugly Kid Joe-Everything About You, Led Zeppelin-Black Dog, Deep Purple-Smoke On The Water, dll.

4. Perbanyak koleksi mp3.
Kalo yang legal sih beli original CD-nya atau download tapi yang berbayar (biasanya resmi). Kalo mau yang gratisan ya download gratis atau ngopy dari warnet banyak juga. Jangan cuma yang alirannya slow rock, tapi aliran musik yang lain juga. Misal Rock (Aerosmith, Led Zeppelin, Deep Purple, dll), Metal (MetallicA, Megadeth, Pantera, Dream Theater, Helloween, dll), Ballad (Scorpion, White Lion, Mr. Big, Firehouse, Bryan Adams, dll), dll.

5. Browsing di internet.
Dengan begitu kita bisa dapat banyak informasi tentang classic rock, sejarah band, album, jadwal konser (mungkin) sehingga ada tambahan greget untuk menyukai musik classic rock.

6. Bergaul.
Seru lho bergaul dengan orang-orang yang punya kesamaan hobi (dalam hal ini tentang classic rock tentu saja). Aku beberapa waktu lalu pernah diajak ngobrol tentang Led Zeppelin dengan seorang bapak 60 tahunan (padahal umurku separonya aja belum ada). Si bapak ini bercerita tentang masa kejayaan Led Zeppelin di masa mudanya, dan aku cuma bisa manggut-manggut sambil sesekali berkomentar sejauh pengetahuanku hasil dari browsing di internet hehehe.

Nggak usah minder kalau anak muda suka sama musik/band jadul. Umur nggak jadi masalah Jon.....

No comments:

Post a Comment